Rabu, 19 Juli 2017

Hukum Qurban di Idul Adha dalam Pandangan Masyarakat

 Hukum Qurban di Idul Adha dalam Pandangan Masyarakat

Meski menurut ulama pendapat-pendapat dari berbagai kitab masih berselisih paham, namun masyarakat telah memiliki pandangan tersendiri mengenai hukum qurban di Idul Adha Siapa saja di mata masyarakat, untuk berqurban bagi orang yang mampu itu wajib dan harus dilakukan. Bagi mereka yang mampu, memang kebanyakan di masyarakat pada berqurban. Tapi ingatlah, berqurbanlah karena Allah SWT. Janganlah berqurban karena pandangan masyarakat yang menilai. Jika berqurban karena didasari sifat gengsi ataupun tidak ingin kalah dengan yang lain, sudah pasti hal tersebut akan sia-sia. Dan pastinya Allah tidak menyukai hamba-hambanya yang berbuat sombong dan suka mengumbar-ngumbarkan dirinya ketika sedang menjalankan ibadah.

Memang dalam beribadah itu dilakukan harus dengan niat untuk mendapat Ridha dari Allah SWT. Dalam berqurban, yang masih diperdebatkan di kalangan ulama adalah hukum qurban di Idul Adha. Karena bagi ulama, hukum Islam atau fiqh itu harus segera ditegaskan agar orang-orang yang menjalankan ibadah tersebut juga tahu hukum-hukumnya dan membuat yang lain mau dan bergerak menjalankan ibadah tersebut. Terlpas dari berbagai pendapat yang ada, menurut masyarakat, jika orang tersebut mampu dan mempunyai dana yang cukup banyak, sudah pasti wajib untuk melakukan qurban. Bahkan setiap tahunnya juga diwajibkan untuk melakukan ibadah qurban. Jika Anda berqurban, ada beberapa yang harus diperhatikan saat berniat membeli hewan qurban.

Nah, hewan qurban memang yang dipilih haruslah sehat dan gemuk. Juga tidak memiliki riwayat penyakit. Jika memiliki riwayat penyakit, janganlah dipilih. Karena hal tersebut bisa membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi. Usahakanlah jika membeli hewan qurban harus dipertenakan yang memang benar-benar bagus. Jika ingin berqurban, niatnya jangan setengah-setengah. Dan janganlah mencari hewan qurban yang harganya murah. Ingat, kalau harga membawa kualitas. Jika murah sudah dipastikan kualitas dari sapi atau kambing tersebut amatlah buruk. Jika peternakan yang bagus sudah pasti memiilki catatan kelahiran dan kesehatan dari hewan-hewan yang ada di peternakan tersebut. Apalagi jika hewan yang akan diqurbankan itu harus memiliki umur yang cukup. Tidak hanya masalah biologis fisik saja. Akan tetapi umur hewan qurban juga sudah tertulis di dalam hukum qurban di Idul Adha.

Untuk memilih hewan yang bagus dan baik untuk diqurbankan, Anda harus mengetahui ciri-cirinya. Cirinya-cirinya bisa dilihat melalui mata, bulunya ataupun kulitnya. Pada dasarnya memilih hewan qurban itu harus melihat fisiknya dulu. Hewan tersebut haruslah kuat, lincah dan juga terlihat bugar. Baru Anda meminta catatan riwayat kesehatan dan catatan kelahirannya. Hukum qurban di Idul Adha bisa dikatakan wajib untuk orang yang mampu dalam dananya. Hal tersebut tidak disebutkan status kaya ataupun miskin. Jika orang yang kesehariannya kurang mampu tetapi bersungguh-sungguh dalam menabung, tentu suatu hari bisa saja berqurban.

1 komentar:

Posting Komentar