Jumat, 02 Juni 2017

Fungsi Lembaga Pengelola Wakaf Produktif di Indonesia

Fungsi Lembaga Pengelola Wakaf Produktif di Indonesia
Fungsi Lembaga Pengelola Wakaf Produktif di Indonesia

Wakaf adalah harta yang diberikan semata-mata untuk Allah SWT. Karena itu harus dijaga baik-baik agar nilai dan tujuannya tetap sama di mata Allah. Bagi umat muslim yang mewakafkan sebagian hartanya, maka sudah mendapatkan kunci menuju pintu surga. Sesungguhnya tidak ada orang yang benar-benar mulia selain orang-orang yang mewakafkan hartanya untuk kepentingan sesama. Allah sangat mencintai umatnya yang memiliki sifat dermawan dan menolong antar sesama. Wakaf sendiri banyak jenisnya, salah satunya wakaf tunai yang berbentuk uang tunai untuk kepentingan agama islam. Hal-hal seperti ini harus dikelola dan diawasi dengan baik oleh lembaga wakaf produktif di indonesia.

Wakaf, tabungan akhirat bagi umat muslim


Wakaf ibarat menabung atau investasi untuk kepentingan akhirat, jika di dunia ada bank tempat Anda menabung untuk kebutuhan masa depan, maka ada istilah wakaf untuk Anda yang ingin menabung untuk kebutuhan di akhirat. Allah memberikan umat nya harta yang bergelimang dan kenikmatan hanya sementara saja. Harta di dunia hanyalah titipan sedangkan umatnya yang berhasil menjadikan harta titipan tersebut untuk kepentingan umat islam adalah orang-orang yang dimuliakan oleh Allah SWT. Wakaf juga bisa memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang, semua itu tergantung dari cara pemeliharaannya. Ada wakaf yang berguna seumur hidup seperti contohnya masjidil haram, yang sampai saat ini masih tegak berdiri di tanah suci.

Wakaf sendiri harus memberikan manfaat bagi banyak orang, dengan adanya lembaga pengelola wakaf produktif maka wakaf bisa dikelola dengan baik dan benar. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat muslim. Lembaga tersebut juga harus bisa mengatur wakaf agar bisa tersebar merata ke seluruh daerah yang membutuhkan. Contohnya wakaf tunai, lembaga wakaf harus bisa mengawasi dan menjaga agar nilai pokok wakaf uang tetap terjamin kelestariannya, tidak dijual, dihibahkan atau diwariskan. Kemudian wakaf tunai juga dipastikan dapat membantu umat muslim yang kekurangan. Untuk wakaf harta tidak bergerak seperti tanah, harus dipergunakan untuk kegiatan umat muslim dan bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Seperti dibangun masjid atau pesantren.

Salah satu lembaga pengelola wakaf produktif di indonesia yang sudah berhasil mengelola puluhan hingga ratusan wakaf adalah aksi cepat tanggap. Untuk Anda yang ingin mewakafkan harta Anda sebagai tabungan di akhirat nanti, Anda pasti membutuhkan lembaga wakaf yang terpercaya. Harta yang Anda wakafkan akan bermanfaat bagi orang banyak. Apapun itu, pasti bisa membantu seluruh kegiatan umat muslim dan membantu orang-orang yang lebih membutuhkan. Mewakafkan harta adalah perbuatan yang sangat mulia dan sangat dicintai oleh Allah, tidak akan merugi orang-orang yang mewakafkan hartanya karena Allah SWT. Semakin banyak orang yang melakukan wakaf, maka bisa ikut membantu krisis ekonomi yang terjadi di negeri ini.

0 komentar:

Posting Komentar