Kamis, 16 Maret 2017

Tips jualan online dengan aman

Berbisnis online belakangan ini sedang menjamur. Nah, bagi anda yang juga tertarik untuk menawarkan produk anda lewat online, adakalanya anda memikirkan untuk, memikirkan tips jualan online dengan aman karena perjualan online sekalipun kini tidaklah aman. Hal ini dikarnakan sudah banyaknya oknum oknum pembeli terterntu yang berusaha untuk melakukan hal hal curang untuk melakukan tindakan penipuan. Karena itu tidak salahnya anda untuk mempelajari tentang bagaimana tips jualan online dan sistem dan alat pembayaran dengan aman. Jadi suatu saat anda ketika anda menjual barang anda dapat melakukannya dengan aman.

Tips jualan online dengan aman


  1. Deskripsikan dengan jelas

Dalam melakukan penjualan online anda diharuskan untuk mendeskripsikan barang yang anda tawarkan dengan jelas dumanapun itu baik dimedia sosial maupun pada website jual beli yang beredar di internet.

  1. Membuat dokumen selengkapnya

Andapun dapat membuat dokumentasi mengenai produk yang anda tawarkan dengan lengkap. Seperti ketika anda menjual ponsel bekas, anda dapat memasang pada iklan mengenai foto tampilan keadaan tanpak depan, belakang, maupun samping, dan anda dapat pula menampilkan foto kelengkapan barang tersebut.

  1. Memberikan batas waktu pembayaran

Anda dapat memberikan batas waktu pembayaran kepada pembeli, yang mana ketika anda dan calon pembeli tersebut sepakat bertransaksi dengan nilai tertentu. Yang mana bila pembeli tidak dapat melunansi atau tidak segera melakukan transfer dalam jangka waktu tertentu maka secara otomatis transaksi anda dengan pembeli dibatalkan. Andapun dapat memberikan batas pembayaran  yang sebaiknya diberikan seperti 12 samapi 24 jam ketika kesepakatan telah dicapai. Sebagai konsumen anda dapat memanfaatkan pelayanan dompetku untuk melakukan pembayaran online yang mana anda dapat menikmati flesibilitas dalam melakukan pembayaran. Sehingga anda tak perlu direbetkan lagi akan batas waktu pembayaran.

  1. Kirim hanya setelah pembayaran diterima

Tips jualan online dengan aman yang selanjutnya adlaah dengan melakukkan kiriman jika oembayaran telah kita terima. Sebelum menerima pembayaran sebaiknya untuk tidak mengirimkan barang yang dijual kepada pembeli. Hal ini pun berlaku kepada pembeli yang mana telah mengaku melakukan transfer pembayaran, atau bahkan bukti transfer.karena pemalsuan bukti transfer bukanlah hal yang mustahil terjadi.

  1. Jangan melayani pembayaran sebagian

Anda pun terkadang dihubungi pembeli yang tidak mau melakukan pembayaran penuh terlebih dahulu. Yang mana dalih mereka takut terkena penipuan. Hal seperti ini alangkah baiknya anda apaikan saja transaksinya, sebab tak ada jaminanbahwa pembeli itu benar benar akan mentransfer sisa pembayaran usai menerima barang.


  1. Hindari COD

Ketika anda berjualan online, andapun pasti dihadapkan dengan calon pembeli yang meminta untuk melakukan transaksi cash on delivery( serah terima barang secara langsung). Bila anda tidak menfenal secara detail mengenai pembeli alangkah baiknya anda unuk menghindari hal tersebut. Karena bisa saja oknum pembeli itu adalah sekumpulan oknum penjahat yang berniat untuk melukai anda.

Demikian beberapa tips jualan online dengan aman. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar